Untuk para shogun lovers pasti sudah tidak asing lagi mendegar nama shogun kebo yaitu suzuki shogun keluaran pertama yang di produksi di jepang yang bodynya keliatan gemuk seperti kebo. Ane punya shogun kebo th 96 keluaran pertama masih tromol peninggalan ortu, ini si kebo hampir jadi besi tua karena udah 6 bulan di tutupin terpal biru kagak jalan-jalan alias ngak hidup mesinnya, adik-adik gw ngak ada mau yang pake malah di bilang motor udah kayak bajaj roda tiga yang brisik goal geol dan ngebul pas di bawa jalan.. hehe.
Kebetulan gw juga punya Shogun 125 R dan udah nyiapin dana buat beli Satria FU bekas th 2005-2006 CBU Thailand. Setelah pikir-pikir akhirnya gw cancel beli Satria FU Thailand yang udah lama gw incer, lebih baik gw rawat n jaga motor peninggalan ortu yg gw jadiin pusaka, dan akhirnya si kebo pusaka peninggalan ortu harus di rehabilitasi mulai dari jeroan mesinnya sampai body-bodynya. Gw jual tuh shogun 125 r buat nambah-nambahin dandanin si kebo pusaka. Bertahap berbulan bulan buat dandanin si kebo pusaka, nyicil satu persatu beli sperpatnya yang udah langka part ori nya, sekalinya ada harganya bikin geleng-geleng kepala. Harga part ori shogun 110 emang terkenal mahal daripada harga part ori shogun 125.
Beberapa hari kemudian gw muter-muter cari bengkel variasi buat beli swing arm supertrack, underbone AHRS, velg comet gold + jari jari TDR. Besok-besoknya lanjut ngecat blok kopling n blok magnet kiri kanan. Karena pengen ngirit ya ngecat sendiri cukup modalin cat pilox warna gold + clear + amplas.. jadi deh.
Udah kelar body-bodynya lanjut jeroan mesinnye yg udah ngebul di tambah tenaganya yang udah mulai loyo n brisik lagi.. hadeh. Si kebo harus ganti seher naek os lagi yg sebelumnya os50 jadi os100. Ganti kampas kopling sekalian tambah daging mangkok kopling otomatisnya + pantek paku kopling di tukang bubut. Ganti kem/noken as sekalian rocker arm/platuk + per klep. Ganti rante keteng + karet penahannya (tensioner). Ganti knalpot Yoshimura + koil Blue Thunder. Semua part ganti daleman mesin part ori SGP kecuali paku kopling terpaksa beli kw karena suzuki ngak jual paku kopling eceran mesti beli sekalian sama mangkok gandanya satu set.
Setelah selesai masa reyen di coba deh gaspool.. wuih manteb banget powernya n speednya padahal sebelumnya di ledek motor bebek pabrikan tetangga aja ngak kuat nguber.. hehe. Lanjut mempercantik lagi tampilannya, nyari inspirasi akhirnya dapet jg pengen konsep n model stiker seperti apa.. langsung dah pergi ke cuting stiker digital.
bersambung bag ke 2
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusMas bro,ane baru beli shogun kebu,mesinnya sich masih halus suaranya,tenaga jg msh ngacir.cm kampas koplingnya yg habis.(Perkiraan saya)klo mau modif dr awal sampai jd spt pny situ brp ya habisnya.cakep bgt kelihatannya tuch kebo.
BalasHapus5jt lebih bro
Hapussupeeeeer mas,ane juga punya shogun kebo di rumah,pengen bangunin juga,dah lama tidur soalnya hehehe dah 3 tahun.terus updet ya mas,hehehe super deeh,
BalasHapussupeeeeer mas,ane juga punya shogun kebo di rumah,pengen bangunin juga,dah lama tidur soalnya hehehe dah 3 tahun.terus updet ya mas,hehehe super deeh,
BalasHapusbos klo nyari body part shogun kebo di bandung yang lengkap dimana ya
BalasHapuswihhhhh habis berapa tuhh gan ?
BalasHapusBoleh tau di mana bisa dapat sparepart ori untuk shogun kebo?
BalasHapusmas bro ada alamat bengkel buat bangun shogun kebo yg rekomendasi
BalasHapusMas bro, swing arm model kaya punya ente bisa pasang ban gede ga??
BalasHapus