Buat para speedlovers pengguna suzuki shogun kebo pastinya ingin kuda besi tungangannya lebih bertenaga dan lebih joss lagi larinya dari standarnya tapi masih aman buat harian dan buat touring bahkan bisa nempel satria fu std tanpa banyak rubahan extreem ini itu yg malah bikin rumit, bikin puyeng kepala bagi yg ngak ngerti, kopling pun maish tetap otomatis dan masih pakai part ori standar pabrikan dan sedikit part racing.
Pertama-tama adalah menyiapkan dana untuk peremajaan si kebo, karena si kebo yg sudah berumur belasan tahun mesti di remajakan kembali bagian mesinnya. Percuma jika di boreup tapi komponen part pendukung lainnya masih yg lama yg sudah pada aus. Jangan setengah hati kalau mau ngerawat suzuki shogun FD 110 sebab ini motor sangat istimewa merupakan motor bebek tercepat di kelasnya dan merupakan motor 4 tak pertama Suzuki Indonesia yang di riset sungguh-sungguh oleh suzuki untuk kecepatan dan ketangguhan mesin bukan untuk irit-iritan bbm atau bersaing harga murah.
Shogun 110 telah melalui uji coba kecepatan dan ketahanan mesin di Sirkuit Sentul 24 jam nonstop dan merupakan motor yg pertama kali ada jaminan garansi mesin 3th dr Suzuki. Shogun 110 selalu juara road race resmi dari th 1997-2005 di kelasnya, tidak ada lawan yg berat di kelasnya sebelum di discontinue th 2005, bahkan sang adik yg cc nya lebih besar dan lebih muda yaitu shogun 125 r/sp/fl/axelo tidak sanggup menandingi speed si shogun kebo yang hanya110cc, maka dari itu pakai lah sperpat Suzuki Genuine Part (SGP) jika ingin mengembalikan tenaga shogun kesayangan anda.
Ini daftar part yg mesti di ganti dengan part SGP, sedikit modif dan beberapa part racing.
1. Stang seher beserta perlengkapannya.
2. Kampas kopling.
3. Mangkok otomatis kopling, karena harganya yg lumayan mahal bisa jg di akalin dengan tambah daging di bengkel bubut.(jika kopling masih otomatis)
4. Noken as ori yg baru lalu di papas buat harian.
5. Platuk/rocker arm + pen nya
6. Per klep.
7. Bos Klep ganti kalau klepnya udah goyang.
8. Jika klep belum bengkok, cukup di skir ulang.
7. Rante keteng + karet tahanannya(tensioner).
10. Seher thunder os 0.
11. Karburator suzuki arashi.
12. Koil racing.
13. Knalpot racing.
14. Cdi tetap standar bawaan pabrikan yaitu Cdi Shindengen.
15. Ngalusin lobang in ex.
16. Kabel body yg sudah banyak sambungan dan sering konslet, wajib ganti yg baru.
17. Spul yg sudah lemah wajib ganti sebelum komponen kelistrikan yg lain ikut mati seperti cdi, kiprok dan aki yg akan soak.
18. Dikerjakan di bengkel yg sudah terpercaya dan berpengalaman, jangan masuk ke bengkel ecek-ecek daripada menyesal nantinya.
Itu di atas foto-foto waktu touring ke ujung genteng dan ke pantai sawarna, si kebo masih dalam keadaan tampilan standar pakai sayap pakai filter tp tenaga joss buat nanjak di bukit cikidang, sanggup nguntilin satria fu std, apalagi kalau body si kebo di pretelin.. di buka sayap buka filter, karbu lebih gede lg, ban kecil, velg almu, pasti tambah ngacir lagi larinya.
Itulah pengalaman dari ane cara untuk mengembalikan tenaga motor yg mulai loyo tanpa banyak rubahan extreem dan ngak pakai part pabrikan tetangga, malu ane bro kalau pakai part merek pabrikan tetangga.. hehe.
NB : MODIF ITU KEJAM SEKEJAM HARGA MOTOR BARU :D
kira2 habis brp modifnya bro?
BalasHapustergantung bagian apa aja yg di modif / di remajakan
Hapusbagian mesin lebih 3jt
jadi pengen modif shogun kebo ane..
BalasHapusada info yg jual body & tameng depan nya ori gag bro?
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusKalo pakek seher thunder apa bisa pakek boring standat
BalasHapusbisa bro, kan boringnya di korter ke tukang bubut sesuai ukuran seher thunder, msh ada sisa 1,5mm. msh aman dan ganti oli lebih cepat dr biasanya yg tadinya 1 bulan sekali bisa 2-3minggu sekali
HapusPosisi bengkel ente dimana??, apakah sekitar banyuwangi??
HapusAda yg jual block head shogun kebo gak bos,atau tempat beli nya dmna
BalasHapusShogun ane bekas di oprak aprik temen jdi gak enak?
ada bro, kalo di jkt yg bekas msh banyak yg jual di tukang loak hrg sekitar 150rb an. kalo yg baru beli di bengkel resmi suzuki, mesti inden 1-2 minggu
HapusBeres mana bro?
HapusBisa sharing2 bro ane mau nurunin mesin bingung nyari beres yg biasa megang shogy kebo
kalo spare part suzuki yg ori cari aja di sena motor bonjer jakarta .. di deket halte harmoni, lengkap semuanya disana ..
HapusBos minta wa nya dong buat shering tanya" Soal motor suzuki shogun kusus nya buat soghun 110 r pengenar nya saya udah 4 thn oake itu
HapusGan... ane mau nanya. Motor ane shogun kebo juga. Udh upgrade drag pkok ny. Tp knp kopling nya msih slip ya bro. Pdhl kampas nya dh ane ganti pnya CLD.sedikit lebih membaik stut ny. Tp pas d geber masih slip sedikit. Ap dekrup bintang nya gt . So .. shogun kebo kan gk pake per.. klo ad yg tau tolong bantu ya bro. Trims
BalasHapusItulah knp sy ngak mau pasang kopling manual karena penyakitnya suka slip. Buat apa tarikan awal menang tp di atas kalah karena slip.
HapusIya bener bang suka slip pas masukin gigi,- terus mengatasinya biar gak slip gimana? Makasih..
Hapuscoba tambahin gan plat kopling nya 1 keping lagi jd ada yg dobel 1 lapis klo ketebalan di tipisin yg bagian nempel ama plat kopling lain. jd tebal total nambah jd diafragma/per nekan mbah kuat
Hapus@orn cuff. Sudah smua saya coba. Hasil nya nihil gan. Y mungkin harus di kmbalikan lg pakai otomatis.
Hapuspngerjaan ny bisa nga??bikin 5 kampas klu gmau slip
HapusWaduuuuuuuuuhhh itu udah peleknya pelek jari di rendem di air laut.....
BalasHapusKaratnya udah kaya apa ya...?
Mau tanYa bos, kalau shogun 110nya naik pen stroke 5mm gmana bos, trus pke Seher thunder opersize 0 klep STD, pke cdi BRT, per klep sonic, noken as pke yg racing. Udah enak gak itu????
BalasHapusTerus cara buat kopling manualnya shogun 110 gak slip gmana bos..??
BalasHapuscoba tambahin gan plat kopling nya 1 keping lagi bekas gapapa jd ada yg dobel 1 lapis klo ketebalan smpe ga bisa di pasang kancingnya di tipisin yg bagian nempel ama plat kopling lain.intinya buat ganjel aja jd tebal total nambah jd diafragma/per nekan tambah kuat
Hapuspake karbu gede boros ga ?
BalasHapuslumayan
BalasHapusbos kalu dah modofikasi mesin jadi brapa cc ya ??
BalasHapusBoss sy punya shogun 110,
BalasHapusKalaw sy pengen ganti shock depan nya pake fu bisa ga ia??
Tolong respon ia boss..
Hatur thankiu
Brow saya uga pnya sogun kebo 110 udah modif tpi msih krang minta infonya lgi brow buat modif biar bsa buat touring gx ada kndalanya gmna yya dan apa ajha yg dganti
BalasHapusBos mau nanya ni.. mtr ane shogun 110 new. Klo cm ganti seher thunder korter 75. Apa mesin stabil? Yg ane rasain si ga ada kendala cm ane bingung kick starter jd keras. Starter tangan jd lemah.. apanya ya kira2?
BalasHapusBos mau nanya ni.. mtr ane shogun 110 new. Klo cm ganti seher thunder korter 75. Apa mesin stabil? Yg ane rasain si ga ada kendala cm ane bingung kick starter jd keras. Starter tangan jd lemah.. apanya ya kira2?
BalasHapusSaya rio dari surabaya,setelan karbu shogun ane ga enak gan,susah langsam,tarikan bawah ga enak brebet,
BalasHapusMw ganti karbu ori,bisa info dapet karbu ori shogun dimana?
Sekalian piston ori kebo kalo ada yg oversize 100,
Terima kasih
Kalo shogun 110 cc punya saya stroke 6.5 mm seher tiger oveesize 200 per klep sonic. Cdi masih standart. Noken as pakek yang racing. Cc nya jadi berapa ya bos. Apakah aman buat harian
BalasHapusMakasih bnyk brow aku juga punya dan suka kebo besi ini he he .....
BalasHapusKalo bagian mesin aja berapa mas bro
BalasHapusKeseluruhan ongkosnya bos berapa
BalasHapusKeseluruhan ongkosnya bos berapa
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusBang motor abang sama dgn motor gue bang, tapi bang syarat yg abang tulis di atas barangx susah di cari daerah gue bang ?
BalasHapusbisa pesan ke sy dan paket kirim-kirim ke sultra
HapusBang pliss di tanggapi, daerah aku di Sulawesi Tenggara khusux di Raha, Muna ok mohon di tanggapi
BalasHapusstandard ajh dah badus bang shogun mah . klo kopling selip tambah ajh pake plat kopling bekas 1 lembar tipisin dikit biar bisa masuk trs ke kunci.
Hapusboss itu footstep underbone nya bsa di psang di shogun new 110??
BalasHapusbisa bro..
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusBg saya juga punyatu shogun110 kebo nyaa tapi bg saya kurangpuas sama mesinya biar mesinnya joss kira kira kenak berapaan bang?
BalasHapusya tergantung bagian mana aja.. sediakan saja dana 1-3jt dan cari bengkel /mekanik yg terpercaya.
HapusTgn prtm shogun kebo 97 tlp wa nol dlpan satutujuhnampat satu lapan mpat lapan tujuh
BalasHapusNumpang bos. Sy mu jual shogun kebo 97 plat B cod jelambar grogol jakbar surat komplit tgn prtma tlp/wa 08176418487 trims
BalasHapusNumpang nanya bos,klo knalpot satria fu di pasang ke shogun kebo bisa ya?
BalasHapusBisa
HapusBisa bro,dibagian leher aja yg dirubah bwad ke shogun nya,silinser+dudukan bawaan jgn diapa" in
HapusBro,ane ada shogun new FD110,dulu pernah modif mesin beberapa part aja (seher thunder 0,25,noken as papas,truz pake karbu Kaze, kopling manual, knalpot standar)
BalasHapusPas tes touring sekalian tes jalur panjang @leuwih panjang, tembus di 140km/j,tp nafas motor lom abis
Udah ngeri dl an karna liat speedometer������
Pnp GK bang pake karbu kaze apa mesti ada yg di ubah 🙏
HapusBos punya saya tu sogun kebo sudah bubutan 100 bisa gak diganti seher tunder os 0...
BalasHapusBang kalo misala nya di kasih seher tunder os 100 bisa gk
BalasHapusBang kalo saya mau ganti seher Thunder yang pas ukuran berapa
BalasHapusU
BalasHapusBang,cilynder saya standar,kalau mau pakai piston thunder gimana caranya?
BalasHapus